Kekuranga dan Kelebihan 4 Arus Komunikasi dalam Organisasi

1.Komunikasi dari Atas ke Bawah
kelebihan = penyampaian informasi dari bawahan ke atasan. Biasanya hal ini terjadi saat karyawan kita ingin menyampaian usulan, ide, keluhan, pengaduan, laporan. Apa yang disampaikan oleh anak buah kita ini bisa jadi sebuah informasi yang penting guna pengambilan kita sebagai atasan. Namun kita tetap perlu mencermati dan memvalidasinya kembali, tentunya pencatatan data bisa menjadi bahan pembandingnya
kekurangan = ini terkadang menampakkan otoriterisasi dalam sebuah komunikasi, sehingga berdampak pula dalam terlambat proses feedback (jika dalam organisasi pemecahan terhadap masalah dapat berlangsung sangat lambat)
2.Komunikasi dari Bawah ke Atas
kelebihan = membantu mengurangi terjadinya komunikasi desas-desus (rumor) agar dapat menumbuhkan suasana kerja yang menyenangkan, dan secara tidak langsung meningkatkan produktivitas dan keuntungan perusahaan. Jika komunikasi ke bawah berjalan lancar, biasanya motivasi bawahan untuk bekerja menjadi lebih baik dan efisien. 
kekurangan = kemungkinan bawahaannya hanya menyampaikan informasi yang baik-baik saja,sedangkan informasi yang kesannya negatif atau tidak disenangi cenderung disimpan dan tidak disampaikan.
3.Komunikasi Horizontal
kelebihan = -adanya dialog antara komunikator dengan komunikan, sehingga menimbulkan kepuasan diantara kedua belah pihak
-Informasi yang diterima menjadi lebih jelas, lebih akurat dan lebih tepat, karena diperoleh langsung penjelasannya
-Memunculkan rasa kekeluargaan, dan kekerabatan
-Menghindari kesalah pahaman
kelemahan = -Informasi yang disampaikan lebih lambat, sehingga kurang efisien.
-Keputusan tidak dapat diambil dengan cepat
-Memberikan kesempatan kepada komunikan untuk bersikap menyerang, sehingga suasana  bisa menjadi kurang kondusif
-Memberi kemungkinan timbulnya masalah yang tidak ada relevansinya dengan masalah yang sebenarnya.
4.Komunikasi Diagonal
kelebihan = -Penyebaran informasi bisa menjadi lebih cepat dibandingkan bentuk komunikasi tradisional
- Memungkinkan individu dari berbagai bagian atau departemen ikut membantu menyelesaikan masalah dalam organisasi.
kelemahan = bahwa komunikasi diagonal dapat mengganggu jalur komunikasi yang rutin dan telah berjalan normal. Disamping itu, komunikasi diagonal dalam suatu organisasi besar juga sulit untuk dikendalikan secara efektif.

Komentar