tugas 8 // Struktur Organisasi Perusahaan
1. Direktur
Utama
tugas
direktur utama adalah memimpin dan bertanggung jawab atas perusahaan,
bertanggung jawab atas kerugian dan keuntungan perusahaan, menentukan kebijaka
perusahaan, menyusun dan menetapkan strategi perusahaan, mengkoordinasi dan
mengawasi semua kegiatan perusahaan, menjadi perwakilan dalam rapat dengan
perusahaan lain.
·
Bertanggung jawab terhadap kerugian yang
mungkin dihadapi perusahaan, pun bertanggung jawab terhadap keuntungan
perusahaan.
·
Menentukan, merumuskan, dan memutuskan
sebuah kebijakan dalam perusahaan.
·
Melakukan rapat.
·
Menunjuk orang yang mampu memimpin.
·
Melakukan evaluasi terhadap perusahaan
2. Sekretaris
Melaksanakan
perkerjaan rutin, tugas-tugas administratif, atau tugas-tugas pribadi dari
atasannya. melakukan tugas-tugas seperti mengetik, penggunaan komputer, dan
pengaturan agenda
·
Membantu meringankan tugas-tugas pimpinan
juga sebagai alat pelaksana pusat ketatausahaan.
·
Mengadakan pencatatan dari semua kegiatan
manajemen, sebagai pusat dokumentasi dan menangani informasi untuk pimpinan.
·
Sebagai alat komunikasi organisasi /
perusahaan menjadi jembatan penghubung.
3. Manajer
Pemasaran
Melakukan
perencanaan strategi pemasaran dengan memperhatikan trend pasar dan
sumber daya perusahaan. Merencanakan marketing research yaitu dengan mengikuti
perkembangan pasar, terutama terhadap produk yang sejenis dari perusahaan
pesaing. Melakukan perencanaan analisis peluang pasar.
·
Bertanggungjawab atas seluruh kegiatan,
kinerja dan prosedur-prosedur yang dipergunakan.
·
Bertanggungjawab atas seluruh kinerja,
kebijakan dan prosedur-prosedur manajemen pemasaran, penjualan dan promosi
hubungannya dengan sistem dan mekanisme perusahaan dan sumber daya manusia pada
umumnya.
·
Bertanggungjawab atas pengembangan sistem
dan mekanisme manajemen pemasaran, penjualan dan promosi secara umum.
·
Bertanggungjawab terhadap penelitian dan
pengembangan yang berhubungan dengan kualitas keseluruhan kinerja perusahaan.
4. Manajer
Operasional
Untuk
memastikan organisasi berjalan sebaik mungkin dalam meberikan pelayanan dan
memenuhi harapan pelanggan dengan cara yang efektif dan efisien.
·
Menekan biaya pengeluaran operasional
seminim mungkin.
·
Melakukan eliminasi terhadap pengeluaran
operasional yag tidak penting.
·
Mengembangkan inovasi tentang operasional
agar berjalan dengan baik.
·
Meningkatkan efektivitas operasional
perusahaan.
·
Mengawasi persedian barang distribusi,
penyedia jasa, dan letak fasilitas operasional.
·
Melakukan pertemuan rutin secara berkala
dengan direktur, guna mencapai visidan misi perusahaan.
·
Mengawasi kualitas produk
5. Manajer
Keuangan
tugas
utama sebagai pengawas operasional keuangan, serta bertanggung jawab atas
segala urusan finansial perusahaan.direktur keuangan bertugas untuk mengawasi
seluruh operasional keuangan yang ada di perusahaan, bertanggung jawab terhadap
semua kegiatan yang ada kaitannya dengan keuangan, membuat prosedur pelaksanaan
yang berkaitan dengan keuangan secara rinci serta menetapkan standar kerja
lapangan demi menjamin agar tidak terjadi kebocoran di bidang keuangan.
Selain
itu, direktur keuangan juga membuat prosedur pelaksanaan yang berkaitan dengan
keuangan secara rinci serta menetapkan standar kerja lapangan demi menjamin
agar tidak terjadi kebocoran di bidang keuangan.
·
Aktivitas penggunaan dana, yaitu aktivitas
untuk menginvestasikan dana pada berbagai aktiva.
·
Aktivitas perolehan dana, yaitu aktivitas
untuk mendapatkan sumber dana, baik dari sumber dana internal maupun sumber
dana eksternal perusahaan.
·
Aktivitas pengelolaan aktiva, yaitu setelah
dana diperoleh dan dialokasikan dalam bentuk aktiva, dana harus dikelola
seefisien mungkin.
6. Manajer
Administrasi
Memberikan
dorongan kepada karyawan untuk dapat ikut serta dalam mencapai tujuan organisasi
Melakukan
perencanaan terkait administrasi, misalnya pemeliharaan sarana prasarana
seperti tata ruang, ventilasi, anggaran perusahaan, dan lainnya.
Serta
dengan tujuan untuk menciptakan organisasi yang selaras dan sejalan dengan visi
perusahaan.
·
Melakukan perencanaan terkait
administrasi, misalnya pemeliharaan sarana prasarana seperti tata ruang,
ventilasi, anggaran perusahaan, dan lainnya.
·
Pengorganisaisan dengan mengelompokkan
alat yang dipakai dalam bidang usaha, tugas, tanggung jawab dan SDM yang
terbagi di dalamnya. Hal ini bertujuan untuk menciptakan organisasi yang
selaras dengan visi perusahaan.
·
Memberikan Dorongan kepada karyawan untuk
mencapai tujuan organisasi terutama di lingkup administrasi.
·
Melakukan pengawasan terhadap proses
administrasi kantor.
Komentar
Posting Komentar