tugas 8 // Struktur Organisasi Perusahaan


1.      Direktur Utama
tugas direktur utama adalah memimpin dan bertanggung jawab atas perusahaan, bertanggung jawab atas kerugian dan keuntungan perusahaan, menentukan kebijaka perusahaan, menyusun dan menetapkan strategi perusahaan, mengkoordinasi dan mengawasi semua kegiatan perusahaan, menjadi perwakilan dalam rapat dengan perusahaan lain.
·         Bertanggung jawab terhadap kerugian yang mungkin dihadapi perusahaan, pun bertanggung jawab terhadap keuntungan perusahaan.
·         Menentukan, merumuskan, dan memutuskan sebuah kebijakan dalam perusahaan.
·         Melakukan rapat.
·         Menunjuk orang yang mampu memimpin.
·         Melakukan evaluasi terhadap perusahaan


2.      Sekretaris
Melaksanakan perkerjaan rutin, tugas-tugas administratif, atau tugas-tugas pribadi dari atasannya. melakukan tugas-tugas seperti mengetik, penggunaan komputer, dan pengaturan agenda

·         Membantu meringankan tugas-tugas pimpinan juga sebagai alat pelaksana pusat ketatausahaan.
·         Mengadakan pencatatan dari semua kegiatan manajemen, sebagai pusat dokumentasi dan menangani informasi untuk pimpinan.
·         Sebagai alat komunikasi organisasi / perusahaan menjadi jembatan penghubung.

3.      Manajer Pemasaran
Melakukan perencanaan strategi pemasaran dengan memperhatikan trend pasar dan sumber daya perusahaan. Merencanakan marketing research yaitu dengan mengikuti perkembangan pasar, terutama terhadap produk yang sejenis dari perusahaan pesaing. Melakukan perencanaan analisis peluang pasar.
·         Bertanggungjawab atas seluruh kegiatan, kinerja dan prosedur-prosedur yang dipergunakan.
·         Bertanggungjawab atas seluruh kinerja, kebijakan dan prosedur-prosedur manajemen pemasaran, penjualan dan promosi hubungannya dengan sistem dan mekanisme perusahaan dan sumber daya manusia pada umumnya.
·         Bertanggungjawab atas pengembangan sistem dan mekanisme manajemen pemasaran, penjualan dan promosi secara umum.
·         Bertanggungjawab terhadap penelitian dan pengembangan yang berhubungan dengan kualitas keseluruhan kinerja perusahaan.

4.      Manajer Operasional
Untuk memastikan organisasi berjalan sebaik mungkin dalam meberikan pelayanan dan memenuhi harapan pelanggan dengan cara yang efektif dan efisien.

·         Menekan biaya pengeluaran operasional seminim mungkin.
·         Melakukan eliminasi terhadap pengeluaran operasional yag tidak penting.
·         Mengembangkan inovasi tentang operasional agar berjalan dengan baik.
·         Meningkatkan efektivitas operasional perusahaan.
·         Mengawasi persedian barang distribusi, penyedia jasa, dan letak fasilitas operasional.
·         Melakukan pertemuan rutin secara berkala dengan direktur, guna mencapai visidan misi perusahaan.
·         Mengawasi kualitas produk

5.      Manajer Keuangan
tugas utama sebagai pengawas operasional keuangan, serta bertanggung jawab atas segala urusan finansial perusahaan.direktur keuangan bertugas untuk mengawasi seluruh operasional keuangan yang ada di perusahaan, bertanggung jawab terhadap semua kegiatan yang ada kaitannya dengan keuangan, membuat prosedur pelaksanaan yang berkaitan dengan keuangan secara rinci serta menetapkan standar kerja lapangan demi menjamin agar tidak terjadi kebocoran di bidang keuangan.
Selain itu, direktur keuangan juga membuat prosedur pelaksanaan yang berkaitan dengan keuangan secara rinci serta menetapkan standar kerja lapangan demi menjamin agar tidak terjadi kebocoran di bidang keuangan.
·         Aktivitas penggunaan dana, yaitu aktivitas untuk menginvestasikan dana pada berbagai aktiva.
·         Aktivitas perolehan dana, yaitu aktivitas untuk mendapatkan sumber dana, baik dari sumber dana internal maupun sumber dana eksternal perusahaan.
·         Aktivitas pengelolaan aktiva, yaitu setelah dana diperoleh dan dialokasikan dalam bentuk aktiva, dana harus dikelola seefisien mungkin.

6.      Manajer Administrasi
Memberikan dorongan kepada karyawan untuk dapat ikut serta dalam mencapai tujuan organisasi
Melakukan perencanaan terkait administrasi, misalnya pemeliharaan sarana prasarana seperti tata ruang, ventilasi, anggaran perusahaan, dan lainnya.    
Serta dengan tujuan untuk menciptakan organisasi yang selaras dan sejalan dengan visi perusahaan.
·         Melakukan perencanaan terkait administrasi, misalnya pemeliharaan sarana prasarana seperti tata ruang, ventilasi, anggaran perusahaan, dan lainnya.
·         Pengorganisaisan dengan mengelompokkan alat yang dipakai dalam bidang usaha, tugas, tanggung jawab dan SDM yang terbagi di dalamnya. Hal ini bertujuan untuk menciptakan organisasi yang selaras dengan visi perusahaan.
·         Memberikan Dorongan kepada karyawan untuk mencapai tujuan organisasi terutama di lingkup administrasi.
·         Melakukan pengawasan terhadap proses administrasi kantor.

Komentar